Blognya Triunt

Kerabat KOTAK Solo

Tips melakukan Backpack

backpacker
Tulisan asli milik Tiyoe, untuk merepost silahkan link balik ke blog ini

Backpacker adalah orang yang menyukai berkunjung ke suatu tempat tertentu secara bebas dan terkadang sendirian atau hanya berkelompok kecil, backpacker menghindari suasana berpergian secara eksklusif dan cenderung mengunjungi titik-titik yang jarang dikunjungi wisatawan, backpacker biasanya dapat mengeksplorasi seluruh isi kota yang dia kunjungi, backpacker umumnya memakai tas ransel, career, dan menyukai fotografi.Tips sebelum melakukan backpack :

1. Riset kota yang akan dikunjungi via internet atau bertanya pada sahabat-sahabat yang ingin dikunjungi, hal ini sanyat penting karena saat anda berbackpack sangat berbeda dengan jika anda berwisata (yang ada guidenya dan kordinatornya), saat anda berbackpack andalah yang mengatur perjalanan anda, pelajari pola kehidupan masyarakat (ingat kadang dalam satu kota masih terdiri dari bermacam macam pola), pelajari sedikit tentang logat dan bahasa setempat, hal ini berguna agar anda diberi tarif lokal dan bukan tarif wisatawan, contoh : makan soto seharga 5000 perak bisa menjadi 8000an kalo kamu keliatan kayak wisatawan (harga lokal dan wisatawan cenderung berbeda di sejumlah kota).

2. Persiapkan perlengkapan yang perlu dibawa, Kamera, KTP, SIM, ATM, Dompet, Kartu nama, Batrei cadangan, charger, flasdisk, plastik, pakaian seperlunya, jika naik kendaraan sendiri cek kendaraan secara keseluruhan (servis dianjurkan) dan cek lagi saat sebelum mulai berkendara, jika naik bis atau kereta biasakan memesan tiket pada hari-hari sebelum keberangkatan ini sangat berguna agar anda memperoleh posisi tempat duduk yang paling nyaman buat anda. hubungi juga orang yang anda tunjuk di lokasi tujuan (saudara, sahabat) jika ada hal ini sangat berguna jika pertama anda berkunjung anda menjadi buta medan.

2. Pelajari daerah tujuan, tidak seperti travelling yang kita kadang tidak tahu tempat apa yang akan kita datangi, dalam berbackpack sebaiknya kita paham tentang tempat yang akan kita datangi, ini sangat menentukan seberapa berhasilkah kita eksplorasi kota itu.

3. Siapkan petunjuk-petunjuk umum, seperti map (peta), jalur bis kota, jalur angkot, alamat-alamat lokasi tujuan, Penginapan, bila anda punya komputer/notebook yang ada google earthnya kasih placemark di tempat-tempat penting, jangan lupa kasih tanda yang jelas tempat kedatangan anda (jika anda menggunakan kereta api atau bis), hal ini menjadi patokan seberapa jauh anda telah merayap di kota itu, juga buat jaga-jaga jika nggak tau jalan pulang, lebih aman lagi anda juga mencari informasi daerah rawan kejahatan, seperti jambret, copet dan lain-lain.

4. Saat pertama kali mencapai penginapan, bongkar isi tas, taruh pakaian, laptop, makanan di penginapan, bawa tas pinggang kecil isi dengan charger, baterai cadangan, kamera, peta, daftar jalur, dll. rencanakanlah dahulu tempat mana saja setelah tadi anda telah mendapat gambaran tentang kota tersebut, pelajari arus searah dan dua arah, jika anda menggunakan kendaraan sendiri patuhilah peraturan lalu lintas (termasuk kelengkapan spion lengkap, plat nomor, knalpot, ban, lampu standar) terkadang polisi di kota tersebut lebih ketat dari polisi di kota anda

5. Tips memilih penginapan, pastikan penginapan minimal berkelas melati 1, memiliki privasi tinggi (Boleh berCCTV asalkan privasi dijamin), memiliki tingkat keamanan yang sesuai standar, dan pastikan anda menutup jendela, dan pintu dengan benar sebelum ditinggal (khusus barang berharga sebaiknya simpan di lemari dan kunci rapat), anda bisa dapatkan rate kamar dibawah 40 ribu per malam jika anda jeli.

6. Umumnya backpacker memiliki kenalan yang dapat dipercaya di kota yang akan dikunjungi, mereka berkenalan dengan menggunakan jejaring sosial, pastikan anda memiliki kenalan di kota yang anda tuju minimal satu, hal ini merupakan cara terakhir jika kita mengalami masalah pada saat menjadi backpacker disana, jangan lupa sebelum anda berangkat dari kota asal beritahukan nama lengkap anda dan saat bertemu dengan kenalan anda bertukarlah kartu nama, hal ini merupakan wujud persaudaraan dan kepercayaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: