Blognya Triunt

Kerabat KOTAK Solo

Dimanakah Indonesia?

Saya orang Indonesia, dan saya harus tahu Indonesia, ini pikirku, tetapi sekali lagi sejak dulu saya sering bertanya dalam hati. Tahukah orang di luar negeri sana dengan Indonesia?? saya merasa cukup mengenal hampir seluruh nama negara di Dunia berkat pelajaran IPS dan Geografi sejak SD dan SMP, bahkan negara Lesotho yang imut didekap Afrika selatanpun saya ingat.

Pikiran saya kembali tersentak saya membaca di forum yang saya ikuti http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=781340 , What do Foreigners say about Indonesia? ternyata masih ada mereka2 (orang diluar negeri sana) tidak mengenal Indonesia, yang menganggap Indonesia itu pulau lah, Negara Hindu lah (ini mah India), Bahkah saat dikasih tahu foto kota Jakarta baru kaget, negara mana ini punya Megapolis segede ini. masa sih mereka nggak mengenal negara kita? negara Kepulauan Indonesia kalo dilihat dari globe aja nampak segede gaban ini, apa mereka tidak diajari geografi, saya aja negara yang wilayahnya gede kayak china, rusia, US, Brazil, aja mengenalnya, kalo Indonesia saja ga tahu dimananya lantas apakah mereka mengetahui Brunei, singapore, Timor yang segede kedelai?? semoga berita ketidakterkenalan Indonesia ini hanya minority report aja, saya berharap diluar sana mayoritas sudah mengenal dan tahu dimana letak Indonesia. jika faktanya tidak ayo kita dukung branding negara kita ini dimata Internasional agar dikenal.

Merenung sejenak, saat saya bertanya kepada teman (sekedar riset), dimanakah ibukota Prov banten? dia jawab Tangerang, Dimana ibukota Kepulauan Riau? dia jawab Pekanbaru, Saat saya tanya Ibukota Babel, dia jawab Tanjung pinang, Ibukota Sulawesi barat? dia balik tanya emangnya ada? Sorong ibukota mana? dia jawab papua, Balikpapan ibukota mana? jawabanya pokoknya di kalimantan (tak ada ketegasan bahwa 2 kota yang ditanya terakhir bukanlah ibukota provinsi), itu baru saya tanyakan kepada satu orang, dan dari ke semua pertanyaan ternyata jawabanya salah semua (memang saya sengaja bikin pertanyaan yang agak susah dijawab). waduh mari buka lagi buku geografi adek2 kita, buku kita yang dahulu sudah kadaluarsa.

8 responses to “Dimanakah Indonesia?

  1. mursid September 28, 2009 pukul 7:25 am

    asembuh…ra urus…

    [Tiyoe] : ngurus dikit lah Sid hehe😀

  2. mop September 28, 2009 pukul 8:29 am

    Eh banten ibukotanya mana sih?

    [Tiyoe] : Serang mas, hehe…

  3. gen September 28, 2009 pukul 6:51 pm

    setidaknya aku ngga lupa kalo ibu kota indonesia itu bandung…….

    kabuuuurrrrr…!!!!!!

    [Tiyoe] : Pinter, sini mas ta kasih pentung, hiks…

  4. robby September 29, 2009 pukul 12:17 am

    karena Indonesia saking luasnya ma banyak pulau kecil2-nya, sampe2 Malaysia aku2 punya apa yang ada di Indonesia

    [Tiyoe] : iya, kacamata kita harus digedein nih buat ngelihat dimana aja pulau2 kita.
    Mas Robby piye kabare nih..??

  5. kangbimo Oktober 4, 2009 pukul 5:54 pm

    kalo ada yang tanya gitu bilang aja …
    silakan lihat sendiri di google map ….😀

    [Tiyoe] : kalo ada yg tanya apa itu gugel map
    saya persilahkan tanya ke mase…hehe😀

  6. wibisono Oktober 10, 2009 pukul 5:42 pm

    orang luar itu lebih mengenal Bali dari pada indonesia… Bahkan ada anekdot dari luar kalo indonesia itu sebelah mananya Bali??

    [Tiyoe] : haha iya mas, tul banget, Indonesia ada di sekeliling Bali…

  7. wanabuana Oktober 12, 2009 pukul 8:28 am

    lhadalaahh…………
    wis ternyata kita telah melupakan yang seharusnya diketahui……..
    ah kalian anak muda
    belajar… donk….!
    masak tentang indonesia pada gak tau……..

    [Tiyoe] : Hihi, iya mas, belajar *pegang buku sambil merem*

Tinggalkan Balasan

