Blognya Triunt

Kerabat KOTAK Solo

Backpack to Bandung

Backpack to Bandung Walk alone in stylish city

kramat djati
Meski masih dalam hari-hari sibuk karena permintaan yang cukup mendesak saya cabut ke Bandung, kota impian pecinta shoping, tanggal 10 Januari 2008 saya berangkat dengan bus kelas bisnis PO.Kramat Djati pukul 2.30 sore, bus berjalan terus hanya mampir sebentar buat ambil penumpang di Term Kartasura, Klaten, Giwangan, dan Jl. Wates, perjalanan berangkat cukup asik, soalnya tepat di sebelah kiri saya ada cewek cakep juga buat ukuran penumpang bus, yah jadi nggak garing gitu deh, saat perjalanan berangkat saya sempet motret Suasana diatas Flyover Ring road timur, juga Marka unik yang berisi iklan dagadu, sampai sekarang saya gak yakin tuh marka yang bikin DLLAJ.
dagadu
Nih rincian Timing perjalanan saya, 14.30 berangkat, 16.00 kartasura, 16.45 klaten, 17.30 Giwangan, 22.00 Rumah Makan Jakarta, Kebumen, 3.45 Cibiru, 4.00 Cicaheum.
Hari pertama (minggu) saya dibandung saya pakai buat tugas utama saya ke Bandung, nyariin Laptop teteh, setelah diskusi cukup buat mertimbangin beli dimana, optionalnya IBCC (Bandung Computer Xenter) yang letaknya paling deket, trus BEC (Bandung Elekronik Center), dan Be Mall (Bandung Elektronic Mall), dan akhirnya disepakati buat beli di BEC.
Bandung Elektronik Center
Di BEC kita berhasil bawa pulang Acer 4730z dan Printer HP 7000 series (Print, Scan, dan Copy).
Hari kedua, saya berniat keliling Bandung, suasana hujan gerimis mengguyur sejak pagi, nggak naik motor kayak kemarin, sekarang resmi naek angkot sama modal dengkul, ada tambahan bantuan karena bawa peta Bandung dan data rute angkot, lumayan jika sewaktu2 baru nyadar kalo telah nyasar, haha, kita jalan menuju ke jalan Supratman buat naek angkot Cicaheum –ledeng ongkos 1500, saya turun di Sulanjana trus jalan kaki lewat Jalan Juanda (Dago), disana saya telah menemukan flyover pasteur.
dago
Dari situ saya langsung cabut jalan kaki lagi ke Pasupati, hmm, saat itu kondisi saya mirip kayak orang hilang euy. Jalan kaki di tengah jembatan. Setelah itu saya cabut balik ke jalan surapati, sehingga saya bisa ke Gazibu, di salah satu sudut gazibu ada penjual mie ayam tasik, wah udah gak enak, mahal pula, Rp 8000/porsi
mie ayam gazibu
Lanjut lagi masih dengan jalan kaki ke Monumen perjuangan Jawa Barat, depan Universitas Padjadjaran Dipati Ukur, eh tiga bintik hitam di tengah monument itu bukan lampu ataupun apa loh, tapi kepala anak2 yang lagi main bola.
Monumen perjuangan jawa barat
Saya menuju depan Unpad, cewek2nya geulis pisan coy, tapi tau dirilah jadi gak brani sok iseng (soalya kan gue sendiri), cuman waktu diangkot tetep aja nggak punya malu buat tanya “teh dari sini ke Cihampelas ongkosnya berapa yah..??” yah ketimbang entar malah bayarnya kelebihan (sopirnya bakal teriak2 Aa’ ongkosnya kelebihan nih, sambil ngacung2in selembar uang seribuan, hmm, biar kelihatannya cuek tapi mereka kebanyakan jujur loh), atau tragisnya kalo kurang (waduh ditagih om) tapi buat pendatang kayak saya jika ada keributan kayak gitu dengan sopir (kebanyakan ato kurang) kan mbikin jadi pusat perhatian. Saya naik angkot Cicaheum – Ciroyom dan turun di daerah Cihampelas, ongkosnya 2000.
pasupati
Nih foto Pasupati dipotret dari Jl. Cihampelas.
Dilanjut jalan kaki lagi, lewat Jl. Cihampelas lagi, Jl. Cicendo, Jl. Kebon Kawung, Jl. Otista, hingga akhirnya bisa melihat stasiun Kota Bandung
stasiun kota bandung
Stasiun ini pernah muncul di film garasi, nih cuplikannya
.
Jika kereta hampir saling bertemu
kereta api
Nah liat jembatan pada gambar dibawah ini, jembatan itu yang saya pakai saat memotret kereta pada gambar diatas.
.
Dan akhirnya saya nyampai di Pasar Baru, pasar terbesar di Bandung, katanya. Agak kecewa sih ternyata pasar ini nggak sehebat seperti yang dikatakan orang, bahkan cenderung berantakan dan nggak terawat.
pasar baru
Dan saya terus berjalan, hingga akhirnya kebablasan ke Jl. Pungkur, eh disana sempet liat ITC Bandung, yang ternyata malah besar. Akhirny saya muter balik lewat jalan Dewi Sartika, dan ah, aku menemukan alun-alun Bandung. Fotonya nggak perlu ditampilin yah, kalian pasti dah pada tau. Trus jalan kaki lewat Asia Afrika, dan Jl. Braga, disinikah saya excited bgt dengan kawasan ini, lebih indah dari bayangan saya.
braga
Sama dengan di film Garasi
.
Dan itulah rute saya di waktu keliling bandung. Lihat rute warna merah di peta berikut
peta backpack bandung
Keterangan warna :
Hari pertama Hitam, Hari kedua Merah, Biru muda naik ke jembatan pasupati, Hari ketiga hijau, Biru tua cari oleh-oleh.
Referensi :
Tiket Bus Kramat Djati (Wonogiri-Bandung), Eksekutif Rp.115.000, Bisnis AC Rp.90.000, Non AC Rp.80.000.

7 responses to “Backpack to Bandung

  1. yosnex Juli 14, 2009 pukul 4:38 am

    mantep mas informasi-ne…aku sing saiki domisili nang Bandung, durung nate gawe foto-foto seputaran bandung..

  2. amri Agustus 23, 2009 pukul 3:39 pm

    diriku juga rencana akan backpackeran ke bandung, dilanjut ke tangkuban perahu
    mungkin dalam waktu dekat..

  3. nanninund September 24, 2009 pukul 3:06 pm

    waah,… kampung halamanku tuhh,.. xP

    [Tiyoe] Waa nak bandung ya…???

  4. Owi Oktober 17, 2009 pukul 2:03 pm

    sendiri? waw! bandung adalah tempat hidup yang nyaman. kapan mampir?🙂

    [Tiyoe] : Iya tuh, dah kayak orang ilang gitu. hmm, beneran tuh mau ngasih tumpangan😀

  5. Abdullah Oktober 28, 2009 pukul 12:10 am

    Apakah ada agen bus kramat djati jurusan tj.priok-madiun ? Kalau ada dimana dan berapa no tlpnya,terima kasih atas informasinya

  6. onimaru Mei 29, 2011 pukul 5:14 am

    mas, kok backpack di dalem kota aja?? apa enaknyaa? panas byk polusiii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: